Sabtu, 17 Juni 2017

Waspadai Perampokan Model baru, Jika Kaca Mobil kena Lemparan Telur, Jangan Nyalakan Wiper

MusliModerat.net - Hati-hati bagi para Pemudik, Beragam modus aksi kejahatan jalanan dilakukan untuk mengelabui para korbannya. Salah satu modus yang kerap digunakan adalah melempar telur ke kaca depan mobil. Biasanya, ini dilakukan di jalan-jalan yang sepi atau malam hari.

Jika kaca depan mobil Anda dilempar telur, janganlah menyalakan wiper atau melakukan semprotan air dari fitur mobil Anda. Karena, cairan telur yang pecah akan memenuhi kaca depan mobil dan menghalangi pandangan pengemudi.

Umumnya, ketika mengalami kejadian seperti ini, cairan telur yang terkena sapuan wiper dan washer akan berubah warna menjadi putih dan menutupi sebagian besar kaca depan. Dalam kondisi seperti ini biasanya pengemudi akan menghentikan kendaraanya lalu keluar dari mobil untuk membersihkan kaca. Di saat seperti inilah komplotan penjahat melancarkan aksinya mengambil barang-barang berharga di mobil.

Dilansir AstraWorld, langkah yang sebaiknya dilakukan jika mengalami hal tersebut adalah membiarkan cairan telur menempel di kaca untuk sementara.

Manfaatkan celah kaca yang tidak terhalang cairan telur untuk melihat pandangan ke depan. Secara bertahap, kurangi kecepatan, tetap jalankan mobil pada kecepatan sedang dan tetap kontrol pandangan ke depan.

Sambil tetap mengendarai mobil, carilah tempat yang aman dan memungkinkan untuk berhenti, misalnya di pos polisi. Sebelum turun dari mobil pastikan dahulu di sekitar mobil tidak ada orang yang mencurigakan, yang mungkin sudah mengintai dan mengikuti mobil Anda.

Setelah memastikan kondisi di sekitar sudah cukup aman, kunci pintu mobil, barulah keluar dari mobil dan bersihkan kaca.

Untuk membersihkan kaca yang terkena telur sebaiknya menggunakan air dan cairan khusus pembersih kaca atau sampo. Jika kotoran di kaca masih membandel, dapat menggunakan cairan yang mengandung deterjen. Bersihkan kaca dengan seksama sampai kotoran dari telur benar-benar bersih dan pandangan menjadi jelas.
Advertisement

Advertisement