Saat Parkir Mobil Ban Harus Lurus, Ini Alasannya

MusliModerat.net - Bagi pemilik mobil, ketika parkir kendaraan di tempat yang normal atau kondisi jalan rata, sebaiknya parkir dengan posisi ban yang lurus. Jangan sekali-kali parkir mobil dengan posisi ban yang masih menyerong atau berbelok.

Dijelaskan Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), bagi pemilik mobil harus melihat dari dua sisi, yaitu sisi keselamatan dan sisi ekonomis ketika memarkir kendaraan.

"Paling utama sisi keselamatan, terlebih bagi pemilik mobil Jip atau SUV dengan diameter velg tinggi, dan ban yang besar. Sehingga yang terjadi, ada ruang yang terbuka ketika mereka melakukan parkir yang sedemikian rupa," jelas Jusri saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (16/6/2017).

Lanjut Jusri, dengan ada ruang di sekitar roda mobil, bisa saja ada anak kecil di sekitar lokasi parkir yang bermain dan masuk di celah-celah ban.

"Ketika parkir di area privasi, seperti garasi rumah, bisa saja anak, keponakan, atau keluarga yang lain masuk ke celah-celah ban dan itu sangat berbahaya sekali," tegasnya.
Dari sisi ekonomisnya, pasti akan berpengaruh kepada umur pemakaian komponen, karena tidak memarkir dengan posisi ban yang sama sisi alias lurus. "Ada komponen yang pasti umur pemakaiannya pendek, karena posisi parkir dengan ban yang tidak lurus, " tambahnya.
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika memarkir kendaraan, sebelum jalan, pengemudi harus mengelilingi seluruh area kendaraan. Hal tersebut, untuk memastikan kondisi yang aman di sekitar mobil dan di kolong mobil sebelum jalan kembali.

"Setelah berkeliling, dan saat sudah di dalam mobil lihat lagi spion untuk memastikan kondisi sekitar kendaraan. Setelah itu, klakson dan tunggu dua detik untuk memberikan kesempatan kepada objek yang tidak terlihat agar menjauh sebelum kita jalan," pungkas Jusri.

Berita Liputan6.com


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: