Jumat, 30 Juni 2017

Mereka Mengaku "Pembela Ulama" tapi Mencaci Maki Mufassir Hebat Habib Quraish Shihab

Foto Agus Abubakar Arsal Alhabsyi.Dishare dari Tulisan : Sayyid Agus Abubakar Arsal Alhabsyi

MusliModerat.net - SAYA sering bertanya-tanya tentang pihak tertentu yang mengaku pembela ulama, yang menyatakan diri siap mati demi membela ulama, tapi di sisi lain tega mencaci maki Prof. Dr. Quraish Shihab. Baru-baru ini ada yg menyeru untuk memboikot khotbah Ied beliau di mesjid Istiqlal.
Saya beruntung mengenal keluarga besar beliau, ayah ibu dan saudara-saudara beliau sejak di Makassar. Ayah, ibu, kakek dan nenek saya dekat dengan keluarga beliau, ayah dan ibu beliau. Di Jakarta saya mengikuti pengajian beliau sejak 30 an tahun y.l. Sampai sekarang pun saya berusaha menyempatkan diri utk hadir di majlis beliau.
Beliau adalah seorang tokoh langka di negeri ini. Salah satu lulusan Al Azhar terbaik di bidang tafsir, mantan rektor IAIN, Ketua MUI, Menteri Agama, Dubes Indonesia utk Mesir. Penulis buku yg sangat produktif. Beliau sangat rendah hati dan ramah dalam pergaulan. Tidak pernah membedakan diri dalam pergaulan. Seorang guru yang sangat adil dalam menyampaikan pendapat dari berbagai mazhab. Terbuka dalam menyikapi beragam pemahaman dan mazhab. Menerima kebenaran dari mana pun.
Sangat jarang, atau bahkan mungkin tidak ada, ulama yang sealim, setekun, seproduktif, dan serendah-hati beliau dan pernah memegang berbagai jabatan keilmuan dan birokrasi di Indonesia.
Seluruh hidup beliau diabdikan untuk mengkaji Quran dan menuliskannya dalam berpuluh judul buku dan berjilid tafsir.
Buku-buku beliau yang Best Seller antara lain: Membumikan Al-Quran, Wawasan Al-Quran, Mungkinkah Sunni Syiah bergandengan tangan? dan Lentera Hati.
Buku tafsir yang beliau tulis adalah Tafsir Al-Misbah. Ini adalah karya utama beliau. Karya ini terdiri dari 14 jilid yang menampung pembahasan utuh 30 juz Al-Quran Al-Karim. Karya ini layak jadi kebanggaan Muslim Indonesia.
Karya-Karya M. Quraish Shihab
Pertama: Karya-karya Tafsir
1. Tafsir Mawdhû’î (tematik)
Tafsir al-Qur’an yang disusun berdasarkan tema-tema tertentu. Berikut karya-karya M. Quraish Shihab yang merupakan tafsir tematik atau menggunakan pendekatan tafsir tematik:
Wawasan al-Qur’an (Mizan, 1996)
Secercah Cahaya Ilahi (Mizan, 2000)
Menyingkap Tabir Ilahi: al-Asmâ’ al-Husnâ dalam Perspektif al-Qur’an (Lentera Hati, 1998)
Yang Tersembunyi: Jin, Malaikat, Iblis, Setan (Lentera Hati, 1999)
Jilbab: Pakaian Wanita Muslimah, Pandangan Ulama Masa Lalu dan Cendekiawan Kontemporer (Lentera Hati, 2004)
Perempuan [Dari Cinta Sampai Seks, Dari Nikah Mut’ah sampai Nikah Sunnah, Dari Bias Lama sampai Bias Baru] (Lentera Hati, 2004)
Pengantin al-Qur’an (Lentera Hati, 2007)
2. Tafsir Tahlîlî
Tafsir al-Qur’an yang disusun berdasarkan urutan ayat ataupun surah dalam mushaf al-Qur’an dan mencakup berbagai masalah yang berkenaan dengannya. Karya M. Quraish Shihab yang termasuk dalam kategori ini sebagai berikut:
Mahkota Tuntunan Ilahi: Tafsir Surah al-Fâtihah (Untagma, 1988)
Tafsir al-Qur’an al-Karim: Tafsir atas Surah-surah Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu (Pustaka Hidayah, 1997)
Tafsir al-Mishbah (Lentera Hati, 2000)
Perjalanan Menuju Keabadian: Kematian, Surga, dan Ayat-Ayat Tahlil (Lentera Hati, 2001)
Menjemput Maut: Bekal Perjalanan Menuju Allah swt. (Lentera Hati, 2002)
3. Tafsir Ijmali (global)
Sebuah penafsiran terhadap ayat-ayat al-Qur’an dengan cara mengemukakan makna ayat secara garis besar, dengan mengikuti urutan surah-surah dalam al-Qur’an sebagaimana metode Tahlîlî. Karya M. Quraish Shihab yang menjelaskan intisari kandungan ayat-ayat al-Qur’an ini yaitu:
Al-Lubâb: Makna, Tujuan, dan Pelajaran dari Surah-Surah al-Qur’an (Lentera Hati, 2012)
4. Terjemah al-Qur’an. Berawal dari ketidakpuasan M. Quraish Shihab terhadap terjemahan al-Qur’an yang banyak beredar selama ini, karya ini lahir. Banyak ulama menegaskan bahwa al-Qur’an tidak dapat diterjemahkan dalam arti dialihbahasakan, karena tak ada bahasa di dunia yang cukup kaya untuk merangkum seluruh makna yang dikandungnya. Oleh karenanya, karya beliau ini diberi judul:
Al-Qur’an dan Maknanya (Lentera Hati, 2010)
Kedua: Maqâlât Tafsîriyyah (Artikel-artikel Tafsir):
Membumikan al-Qur’an (Mizan, 1992)
Lentera Hati (Mizan, 1994)
Menabur Pesan Ilahi: Al-Qur’an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat (Lentera Hati, 2006)
Membumikan al-Qur’an Jilid 2 (Lentera Hati, 2011)
Ketiga: Ulumul Qur’an dan Metodologi Tafsir
Tafsir al-Manar: Keistimewaan dan Kelemahannya* (IAIN Alauddin, 1984)
Studi Kritis Tafsir Al-Manar, Karya Muhammad Abduh dan M. Rasyid Ridha (*diterbitkan kembali oleh Pustaka Hidayah Bandung, 1994)
Rasionalitas al-Qur’an: Studi Kritis atas Tafsir al-Manar (*diterbitkan kembali oleh Lentera Hati, 2005)
Filsafat Hukum Islam (Departemen Agama, 1987)
Mukjizat al-Qur’an (Mizan, 1996)
Kaidah Tafsir (Lentera Hati, 2013)
Keempat: Tsaqâfah Islâmiyah (Wawasan Keislaman)
Haji Bersama M. Quraish Shihab (Mizan, 1998)
Dia Di Mana-Mana (Lentera Hati, 2004)
Wawasan al-Qur’an tentang Zikir dan Doa (Lentera Hati, 2006)
Logika Agama: Kedudukan Wahyu dan Batas-Batas Akal dalam Islam (Lentera Hati, 2005)
Sunnah-Syiah Bergandengan Tangan! Mungkinkah? Kajian atas Konsep Ajaran dan Pemikiran (Lentera Hati, 2007)
Yang Ringan Jenaka (Lentera Hati, 2007)
Yang Sarat dan yang Bijak (Lentera Hati, 2007)
M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui (Lentera Hati, 2008)
Ayat-Ayat Fitna: Sekelumit Keadaban Islam di Tengah Purbasangka (Lentera Hati dan Pusat Studi al-Qur’an, 2008)
Berbisnis dengan Allah (Lentera Hati, 2008)
Doa Harian bersama M. Quraish Shihab (Lentera Hati, 2009)
M. Quraish Shihab Menjawab 101 Soal Perempuan yang Patut Anda Ketahui (Lentera Hati, 2010)
Membaca Sirah Nabi Muhammad saw. dalam Sorotan al-Qur’an dan Hadits-Hadits Shahih (Lentera Hati, 2011)
Doa Asmaul Husna: Doa yang Disukai Allah (Lentera Hati, 2011)
Haji dan Umrah Bersama M. Quraish Shihab (Lentera Hati, 2012)
Kematian adalah Nikmat (Lentera Hati, 2013)
M. Quraish Shihab Menjawab pertanyaan Anak tentang Islam (Lentera Hati, 2014)
Birrul Walidain (Lentera Hati, 2014)
(http://quraishshihab.com/work/)
Beliau bahkan mendirikan sebuah pusat studi bernama Pusat Studi Quran.
Dengan dedikasinya yang begitu besar pada Islam, khususnya studi Al-Quran, beliau disebut sebagai salah satu dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia sepanjang 2012 - 2015 menurut The Royal Islamic Strategic Centre yang berpusat di Amman, Yordania.
Dengan kedalaman ilmu agama (khususnya tafsir) yang beliau miliki, beliau layak menyandang gelar kiai besar atau ulama besar. Tapi yang terjadi justru beliau tidak mau menambah kata kiai di depan namanya. Beliau juga bahkan tidak mau dipanggil kiai atau ustadz. "Panggil saja, Pak," kata beliau suatu hari di acara rekaman acara Ramadhan di sebuah studio televisi swasta. Jadilah mahasiswa dan murid-muridnya memanggilnya "Pak Quraish" saja.
Selain itu, Pak Quraish tidak pernah menggunakan gelar 'habib' di depan namanya. Padahal berdasarkan nasab yang dimilikinya, tentu saja beliau adalah seorang sayyid. Sebutan sayyid yg kemudian berubah menjadi istilah habib. Di daerah asal kami sulsel, kami biasa menggunakan kata 'habib' hanya untuk memanggil kakek, dan kata 'hababa' utk nenek. Beliau hanya membolehkan cucu-cucunya saja untuk memanggil beliau dgn panggilan habib.
Penutup
Pertanyaannya, kepada para pencaci yg hanya mampu memungut krikil dari lautan karya Pak Quraish itu sebetulnya sedang membela siapa? Mereka berdiri di pihak yang mana? Apa definisi mereka tentang ulama?
Advertisement

Advertisement