Jumat, 16 Juni 2017

Di Era Presiden Jokowi Desa di Pedalaman Papua Ini Akhirnya Terang Benderang

 
MusliModerat.net - Di bulan Ramadan, PLN resmi mengoperasikan listrik desa di sejumlah wilayah di Papua. Salah satunya adalah Desa Mur di Kabupaten Mappi, Distrik Nambiomanbapai.

Desa Mur yang merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Mappi dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) kurang lebih 300 ini secara resmi terlistriki oleh PLN setelah adanya kerjasama dengan pihak Pemda Kabupaten Mappi. Sudah sejak 5 tahun yang lalu desa ini mengalami kegelapan dan untuk mendapatkan listrik, masyarakat menggunakan mesin genset pribadi.

Setelah melakukan relokasi mesin dari Distrik Edare Desa Bade, akhirnya PLN dapat mewujudkan harapan masyarakat untuk menikmati listrik di Desa Mur ini. Pembangkit dengan berbahan bakar solar tersebut memiliki kapasitas daya sebesar 100 kVa. Untuk sementara waktu ini jumlah pelanggan yang sudah tersambung berjumlah 100 pelanggan dengan jumlah pendaftar 200 pelanggan. Kedepannya potensi penambahan pelangganan di Desa Mur ini bisa mencapai kurang lebih 100 pelanggan.
Hingga saat ini beban puncak di Desa Mur sebesar 50 kW dengan jumlah 100 pelanggan. Meskipun masih 6 jam beroperasi namun kedepan PLN akan menambah jam nyala menjadi 12 jam. Selain itu, bbm (solar) yang dibutuhkan dalam satu hari mencapai 120 liter dimana dalam kurun waktu satu bulan PLN membutuhkan bbm kurang lebih 3500 liter untuk melistriki Desa Mur. Pasokan bbm sendiri disuplai dari Kota Merauke melalui transportasi air.

Dalam rangkaian acara ini pun dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara PLN dengan Pemda Mappi sendiri. Dimana dalam MoU tersebut disebutkan bahwa PLN untuk bersedia mendistribusikan listrik di Ibukota kabupaten Kepi dan melakukan suplai bbm. Di ibukota kabupaten Kepi bbm yang dibutuhkan berkisar 5000 liter per harinya. Sebelumnya kelistrikan di Ibukota Kabupaten Kepi dikelola penuh oleh Pemda sendiri.
Dengan terlistrikinya Desa Mur dan Penadatangan MoU Ibukota Kabupaten Kepi menambah desa-desa dan Ibukota Kabupaten yang terlistriki oleh PLN dan diharapakan taraf perekonomian daerah tersebut lebih meningkat dari sebelumnya. Kedepannya masih cukup besar tugas PLN untuk membuat seluruh masyarakat di Tanah Papua ini dapat menikmati listrik dan PLN akan terus berupaya mewujudkan Papua Terang di tahun 2019 mendatang. [detik.com]
Advertisement

Advertisement