Senin, 08 Mei 2017

[Video] Santri Pesantren Al-Khoirot Malang Inginkan Jokowi Seperti Naruto

MusliModerat.net - Presiden Joko Widodo menyampaikan pujiannya atas penjelasan seorang santri bernama Yadian tentang Hokage atau pemimpin desa dalam serial manga berjudul Naruto. Yadian merupakan santri Pondok Pesantren Al-Khoirot di Malang, Jawa Timur.

Sebelumnya, dalam vlog berjudul "#JOKOWIMENJAWAB EPISODE 2" yang diunggah pada 8 April 2017, Presiden Jokowi menyerah atas pertanyaan yang diajukan Yadian, yaitu Siapakah yang menjadi Hokage kedelapan dalam anime Naruto? 


"Terima kasih Yadian yang ganteng atas video kirimannya untuk #JokowiMenjawab. Sekarang saya jadi paham apa itu Hokage dan Konoha," tulis Jokowi dalam akun resmi YouTube miliknya bernama Presiden Joko Widodo, Minggu, 7 Mei 2017.

Yadian memberi penjelasan Hokage dan Naruto tersebut dalam video yang diunggah melalui akun resmi YouTube Presiden Jokowi berjudul #YadianMenjawab. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 25 ribu kali oleh para YouTubers.


"Saya ini mau memberi tahu pengertiannya Hokage dan Konoha itu apa. Hokage itu secara harfiah berarti bayangan api. Hokage adalah gelar yang diberikan kepada pemimpin desa Konohagakure (nama desa di Naruto)," kata Yadian yang mengenakan peci dan sarung yang dikalunginya.

Sambil membuka komik di tangannya, Yadian juga membeberkan tujuh nama Hokage yang sudah memimpin desa Konohagakure, dari yang pertama Hasirama Senju hingga yang terakhir Uzumaki Naruto.


Yadian pun berharap Jokowi yang kebetulan juga pemimpin atau presiden ketujuh Indonesia memiliki sifat kepemimpinan yang sama dengan Naruto.

"Pas banget, Pak, di Indonesia ini presidennya sekarang ketujuh, yaitu Bapak Jokowi. Di Konoha ini Hokagenya sekarang ketujuh yaitu Naruto. Uzumaki Naruto itu kepemimpinannya tentram, damai, alim, dan disiplin. Jadi bisa enggak Bapak seperti negara Konoha?" kata Yadian.

Jokowi juga menanggapi harapan Yadian itu dengan menulis, "Apakah saya mampu menjadikan negara kita seperti Konoha dalam kepemimpinan Uzumaki Naruto yang tenteram, damai, alim, dan disiplin? Saya jawab insya Allah. Dengan izin Allah dan kerja keras kita semua, pasti bisa."

Presiden Jokowi juga berharap bisa mengunjungi pondok pesantren yang ditempati Yadian, yakni Pondok Pesantren Al-Khoirot di Malang, Jawa Timur. Saat ini akun YouTube Presiden Jokowi sudah memiliki lebih dari 258 ribu subscribers.

Lihat Videonya:



ANTARA
Advertisement

Advertisement