Minggu, 14 Mei 2017

Pelajaran bagi Orang Awam yang Menuduh Liberal Seorang Kyai

MusliModerat.net - Seorang santri sedang ngrasani seorang tokoh ulama yang tampak sangat nyleneh dan gak nggenah. Bagaimana sii ulama tersebut terlihat sangat lembek thd orang kafir bahkan terlihat sangat liberal.. Si santri nggak tau kalo dibelakangnya, kyainya mendengar percakapan tsb. Lalu si kyai memanggil kedua santri itu..

Kyai : le, coba kamu berdua saya suruh ke pasar..( sambil mengeluarkan kotak kecil yang ternyata isinya batu berwarna hijau).. Coba kamu tanyakan berapa harga batu ini ke bakul2 penjual batu..
Santri : iya, kyai..
dan berangkatlah mereka berdua ke pasar.. Setelah bertanya2 ke beberapa penjual, ternyata paling tinggi hanya seharga 750 ribu rupiah saja itu pun dengan berbagai macam celaan dan omongan2 yang merendahkan batu itu. Lalu baliklah keduanya ke pondok.. Setelah matur ke kyai semua cerita apa adanya ternyata sang kyai ngutus keduanya untuk pergi ke sebuah toko permata di pusat kota. Berangkatlah mereka dan setelah bertemu dengan pemilik toko, disodorkan kotak itu. Begitu sipemilik toko membukanya dengan mulut menganga ia pun berkata, "waah..ini jamrud asli kolombia..segini besarnya dan tampak sudah sangat tua dan langkà ini" sambil ia lihat2 pake kaca pembesar.. Kemudian ia berkata pada kedua santri tsb, "maaf saya tidak kuat membeli batu ini.setidaknya harganya ratusan juta rupiah".. Lalu baliklah kedua santri itu pada kyainya sambil terheran2.. Di depan rumah, sang kyai sambil tersenyum2 berkata, "kamu berdua itu cuma bakul2 batu di pasar kok ngrasani dan menilai ulama kelas jamrud.. Dan tertunduk malulah keduanya sambil gak henti2nya istighfar..

.(HRS/Haji Riyad Sukabul)
Advertisement

Advertisement