Kamis, 25 Mei 2017

Para Kiai NU Se Jatim Inginkan Gubernur yang NU Sejak Lahir

MusliModerat.net - Seperti diprediksi banyak pihak, surat kiai sepuh ke ketua DPW PKB Jatim terkait Pilgub Jatim 2018, subtansinya adalah meminta partai yang dilahirkan oleh ulama dan kiai NU supaya mendukung dan mengusung Saifullah Yusuf sebagai Cagub PKB dalam Pilgub Jatim mendatang.
Terbukti, saat Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar bersama jajaran DPP PKB melakukan silaturrahim sekaligus tabayyun (klarifikasi) ke kiai-kiai yang ada di wilayah Mataraman dan Tapal Kuda, bulat menyatakan hanya satu nama yang didukung kiai NU yaitu Saifullah Yusuf yang saat ini menjabat Wagub Jatim.
“Hasil silaturrahim dan tabayyun dengan 100 kiai di wilayah Mataraman yang dipusatkan di PP Lirboyo Kediri, para kiai mengusulkan nama Gus Ipul ke DPP PKB,” ujar KH Anwar Iskandar pemangku PP Al Amien Kediri saat dikonfirmasi Rabu (24/5) kemarin.
Menurut pimpinan musyawarah 21 kiai sepuh Jatim ini, DPP PKB bisa menerima usulan para kiai dan berjanji akan segera memproses untuk menjadi keputusan partai. “Pertemuan di PP Zainul Hasan Genggong Probolinggo yang dihadiri sekitar 100 kiai di wilayah Tapal Kuda juga mengusulkan satu nama yaitu Gus Ipul,” beber Kiai Anwar Iskandar.
“Dari modal 21 kiai ditambah 100 kiai di Lirboyo Kediri dan 100 kiai di Genggong Probolinggo, maka total kiai yang sudah menyatakan dukungan ke Gus Ipul ada sebanyak 221 kiai,” dalih Gus War sapaan akrabnya.
Direncanakan, silaturrahim dan tabayyun Cak Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar dengan kiai-kiai NU akan dilanjutkan di Ponpes Bumi Sholawat pimpinan KH Agoes Ali Mashuri pada Kamis (25/5/2017). “Besok di Sidoarjo di Pondok Pesantren Gus Ali akan diikuti sekitar 1000 kiai dari wilayah Pantura,” tambah Kiai Anwar Iskandar.
Kendati demikian, pihaknya tidak berani memastikan dalam pertemuan DPP PKB dengan kiai-kiai wilayah Pantura di Sidoarjo nanti juga akan memunculkan satu nama, yaitu Gus Ipul. “Bisa jadi muncul nama lain,” kata kiai asal  Kediri ini.
Yang jelas, lanjut Gus War dalam pertemuan di Kediri dan Probolinggo, Ketum DPP PKB Cak Imin juga akan mengupayakan keputusan (deklarasi) Cagub yang akan diusung PKB di Pilgub Jatim pada awal ramadan mendatang. “Kami yakin dan optimis keinginan kiai-kiai ini akan disetujui. Saya tak mau berandai-andai keputusan DPP PKB nanti berbeda dengan keinginan kiai-kiai. Jangan jauh-jauh nanti bisa masuk angin,” kelakarnya.
Ia juga mengapresiasi sikap sejumlah DPC PKB Kabupaten/Kota di Jatim yang ngotot dan meminta DPP PKB mengusung Abdul Halim Iskandar sebagai Cagub PKB di Pilgub Jatim mendatang. “Beda dengan keinginan kiai itu boleh-boleh saja. Tapi saya dari sebelah kiri, atas nama ulama dan kiai sebagai pendiri partai PKB atau bapaknya PKB khan gak apa-apa ngomong menyampaikan aspirasi ke anak-anaknya,” tegas Gus War.
“Kalau anak-anak ngotot berbeda, ya ngak apa-apa, biar keduanya diusulkan ke Jakarta. Siapa nanti yang diputuskan DPP PKB, ya terserah, kiai-kiai khan hanya mengusulkan,” tambah KH Anwar Iskandar.
Pertimbangan para kiai mengusung nama Gus Ipul sebagai Cagub PKB paling tidak ada tiga alasan. Pertama, Gus Ipul sudah 9 tahun belajar ke Pakde Karwo (Gubernur Jatim). Kedua, berdasarkan hasil survey, elektabilitasnya tertinggi, dan ketiga, sejak belum lahir sudah  NU dan pendidikannya juga NU murni.
“Jatim itu khan daerah yang mayoritas NU dan pesantren tapi belum pernah sekalipun ada gubernur yang pyur (asli) sejak lahir NU. Kiai-kiai menginginkan gubernur Jatim ke depan NU sejak lahir,” tegasnya. Namun untuk pasangan Cagub dari PKB, kiai Anwar Iskandar mengaku belum ada pembicaraan sebab masih fokus untuk Jatim 1 atau calon gubernur.
Terpisah, juru bicara DPC-DPC PKB Kabupaten/Kota se Jatim, Masúd Zuremi menegaskan bahwa kedatangan perwakilan DPC PKB se Jatim ke kantor DPW PKB Jatim adalah menindaklanjuti hasil pertemuan di Hotel Singgasana Surabaya beberapa waktu lalu yang menegaskan DPC PKB se Jatim tetap mendukung Abdul Halim Iskandar sebagai Cagub PKB di Pilgub Jatim mendatang.
“Kami sudah sosialisasi hingga ke tingkat ranting bahwa Cagub PKB adalah Abdul Halim Iskandar selaku ketua DPW PKB Jatim karena dia menjadi kader terbaik yang dimiliki PKB Jatim,”  ujar Ketua DPC PKB Kabupaten Jombang di dampingi ketua DPC PKB Kab. Lamongan, Kab. Bojonegoro, Kota Batu, dan Kota/Kab Mojokerto.
Pertimbangan lainnya, kata Zuremi sebelum memutuskan mendukung Holopis Kuntul Baris, DPC-DPC hingga ke tingkat ranting juga sudah minta masukan fatwa dan doá dari kiai-kiai yang ada di daerahnya. “Kami akan mendatangi DPP untuk menyampaikan dan meminta langsung ke Ketum DPP PKB, Cak Imin supaya merekomendasi Pak Halim sebagai Cagub PKB,” pungkasnya diamini ketua DPC PKB lainnya. (ud/duta.co)
Advertisement

Advertisement