Kamis, 04 Mei 2017

Muallaf China yang Menjadi Banser ini Gegerkan Dunia Sumbu Pendek



MusliModerat.net - Foto kartu tanda anggota (KTA) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU bernama Lie Tjin Kiong dengan nomor anggota XII-01.26.06.160003, mendadak viral di medsos dan menggegerkan kaum sumbu pendek, soalnya mereka sangat anti china dan anti Banser.
Beberapa group WhatsApp (WA) membahas foto KTA ini. Ini karena dikhawatirkan informasi hoax yang akhir-akhir ini bertebaran di medsos.

Dalam KTA Banser NU Satkoryon Tandes Surabaya ini tertera masa berlaku kartu hingga 20 Februari 2020.

Dia resmi menjadi anggota Banser sejak 24 April 2016 lalu. KTA ditandatangani Ketua PW GP Ansor Jatim H Rudi Triwahid dan Kepala Satkorwil Banser Jatim dr H Umar Usman.

"Siapakah Lie Tjin Kiong ini? Apakah benar KTA Banser ini?" tanya anggota Dewan Pendidikan Jatim Moch Isa Ansori di group WA Rek Ayo Rek (RAR), yang berisi sejumlah akademisi, politisi dan jurnalis ini.

Ada juga jurnalis Riko Abdiono yang turut menanyakan kebenaran KTA tersebut. Pasalnya, di medsos akhir-akhir ini banyak bertebaran berita-berita hoax dan foto hoax.

Dilansir dari situs Beritajatim.com, pihaknya mengklarifikasi kepada Ketua PW GP Ansor Jatim Rudi Triwahid, sebagai salah satu pihak yang meneken KTA milik Lie Tjin Kiong ini.

"Benar KTA itu. Dia seorang mualaf. Dia ikut Diklatsar Banser pada tahun 2001. Siapapun boleh menjadi anggota Banser," kata Rudi Triwahid.

Kepala Satkorwil Banser Jatim Gus Abid Umar menegaskan, Lie Tjin Kiong ini merupakan salah seorang pengurus Masjid Cheng Ho Surabaya yang telah mengikuti Diklatsar Banser. "KTA memang benar diteken oleh Kasatkorwil Banser Jatim yang lama, dr Umar Usman. Banser juga punya yang Londho. Tapi mereka beragama Islam," jelasnya. [mm]
Advertisement

Advertisement