Sabtu, 20 Mei 2017

Habib Abdurrrahman: Indonesia Adalah Negara Islam, bukan Negara Thagut

MusliModerat.net - Beberapa kelompok umat Islam kerap kali mencap Indonesia sebagai negara kufur, negara thaghut sebagainya. Padahal mereka hidup dengan aman di Indonesia yang dikuasai oleh umat Islam sebagai penduduk mayoritas. 

Al-Imam al-Habib Abdurrahman al-Masyhur Ba’alawi dalam kitabnya Bughyah al-Mustarsyidin memberian penjelasan yang menegaskan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Darul Islam (Negara Islam) bukan Darul Kufri (Negara Kafir).:

مسئلة ى) كل محل قدر مسلم ساكن به على الامتناع من الحربيين فى زمن من الازمان يصير دار اسلام تجرى عليه احكام فى ذلك الزمان وما بعده وان انقطع امتناع المسلمين باستيلاء الكفار عليهم ومنعهم من دخوله واخراجهم منه وحينئذ فتسميته دار حرب صورة لا حكما فعلم أن أرض بتاوي بل وغالب أرض جاوة دار اسلام لاستيلاء المسلمين عليها سابقا قبل الكفار

“Setiap tempat dimana penduduk muslim mampu untuk menempatinya kuasa (mempertahankannya) dari ancaman orang-orang kafir harby pada suatu masa tertentu, maka ia menjadi negara Islam yang syari’at Islam berlaku pada masa itu dan pada masa sesudahnya, walaupun pertahanan kaum muslimin sempat terputus oleh penguasaan orang-orang kafir terhadap mereka dan menghalangi memasuki negara itu dan mengusir umat Islam dari sana. Dalam kondisi semacam itu maka penamaannya dengan Daerah kafir harbi hanya merupakan bentuk formalnya saja dan tidak secara hukumnya. Dengan demikian diketahui bahwa tanah Betawi bahkan sebagian besar tanah Jawa adalah negara Islam karena umat Islam pernah menguasainya jauh sebelum orang-orang kafir. ” (Bughyah al-Mustarsyidin : 254)
 
Itulah komentar  al-Habib Abdurrahman mengenai indonesia(yang dulu disebut tanah jawa, betawi dll), selain negara islam tapi indonesia adalah negara islam assalam, negara islam damai jauh dari konflik yang menegangkan sebagaimana negara-negara timur tengah.


Sumber : ngaji.web.id
Advertisement

Advertisement