Bantahan Terhadap Bachtiar Nasir yang Membid'ahkan Amalan Nishfu Sya'ban

MusliModerat.net - Menonton pengajian Bachtiar Nasir (BN) di YouTube saya terkaget-kaget; bagaimana mungkin amalan Nisyfu Sya’ban dikatakan sebagai amalan yang mengada-ada alias bid’ah? Ini seperti mengatakan bahwa BN telah melakukan penelitian super hebat, yang merambah seluruh literatur Islam dari berbagai madzhab.
Jika benar demikian, seharusnya BN telah menghasilkan tulisan mencerahkan yang mampu meyakinkan masyarakat mengenai apa yang dikatakannya itu. Jika hanya sebuah pengajian yang mengkaji 1 kitab, seharusnya siapa pun membatasi thesisnya dengan batasan 1 kitab itu saja. Kata-katanya seharusnya: “Menurut kitab ini…” dan seterusnya.

Fatwa ulama Mesir (yaitu para ulama yang level keilmuannya disaring dengan sangat ketat), malam Nisfu Sya’ban adalah malam yang penuh berkah. Banyak hadis yang mendorong ummat Islam menghidupkan malam Nisfu Sya’ban. Dalam hadis Ibnu Majah dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW bersabda:
إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا، فَإِنَّ اللهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا، فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ، أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ، أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ، أَلَا كَذَا، أَلَا كَذَا، حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ
Jika datang Malam Nisfu Sya’ban, shalatlah pada malam harinya, berpuasalah pada siang harinya. Sesungguhnya Allah turun di dalamnya sejak terbenamnya matahari ke langit dunia. Allah SWT Menyeru: “Tidakkah ada orang-orang yang beristighfar memohon ampun kepada-Ku? Tidakkah ada orang-orang yang meminta rizki kepada-Ku? Tidakkah ada orang yang sakit atau terkena musibah yang meminta Kusembuhkan? Tidakkah tidakkah? Sampai terbitnya fajar.”

Dan hadis dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menghidupkan 5 malam, diwajibkan atas mereka surga. Di antara 5 malam itu adalah malam Nisfu Sya’ban.” Syariat menghidupkan malam Nisfu Sya’ban ini terdapat pada banyak amalan ulama Salaf. Imam Syafi’i berkata:
وبلغنا أنه كان يقال: إن الدعاء يستجاب في خمس ليالٍ: -وذكر منها- ليلة النصف من شعبان
Telah sampai kepada kami (sebuah hadis), dikatakan bahwa sesungguhnya doa akan diijabah pada 5 malam. Disebutkan diantara 5 malam itu adalah malam Nisfu Sya’ban.


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: