Sabtu, 08 April 2017

Tak Mau Kalah dengan Santri, Kader NU UINSA Jalan Kaki Menuju Istighosah Kubro

MusliModerat.net - Sejumlah kader muda dan aktivis NU Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya punya cara sendiri menghadiri istighotsah kubro. Mereka lebih memilih melakukan aksi jalan kaki dari kampus setempat menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo, tempat dilaksanaknnya istighotsah.
“Pilihan jalan kaki tidak lain dalam rangka menguji mentalitas dan militansi pergerakan,” ujar koordinator lapangan aksi jalan kaki, Muh. Said, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UINSA, Jumat (7/4/2017) malam.
Menurutnya, jalan kaki dapat mengingatkan bagaimana para pendiri NU berproses dan ikut terlibat dalam mengawal serta mendirikan NKRI.
“Proses yang tidak secanggih hari ini, melainkan dengan fasilitas komunikasi apa adanya. Jalan kaki ditambah niat demi mengikuti perjuangan para kiai,” katanya usai rapat koordinasi di depan kebun ilmu Fakultas Adab dan Humaniora kampus setempat.
Dalam pandangannya, istighotsah kubro yang diadakan PWNU Jatim ini sebagai ikhtiar batin untuk kebaikan dan kedamaian bangsa. “Pasalnya, sebagaimana lazimnya istighotsah yang diadakan, hal tersebut selalu berkaitan dengan situasi kebangsaan yang tidak kondusif, untuk tidak mengatakan terancam,” tandas Said.
Senada dengannya, Fahmy Arya Syaifudin, mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UINSA menegaskan, sebagai bagian dari komitmen suksesnya istighotsah ini, kader-kader muda NU dari kampus menghadiri istighotsah kubro dengan cara berjalan kaki
“Elemen yang dimaksud berasal dari kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), alumni pesantren, dan para mahasiswa berlatarbelakang NU,” ujarnya.
Mereka mengajak seluruh mahasiswa UINSA bergabung dalam aksi ini dengan semangat demi kesuksesan istighotsah kubro. “Dan bersama para kiai sepuh, semoga istighotsah ini mampu menghadirkan nurullah dalam mewujudkan situasi damai dan penuh persaudaraan,” tandas Arya.
Dari hasil koordinasi tersebut, akhirnya disepakati, start aksi jalan kali dimulai dari kampus UINSA sekitar pukul 23.00 dan langsung menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Selanjutnya mereka akan bergabung dengan jemaah lain dari berbagai kota di Jawa Timur.
Seperti diberitakan duta.co, sekitar 1200 santri dari Ponpes dan Perguruan Bumi Sholawat yang diasuh KH Agoes Ali Mashuri (Gus Ali) akan melakukan long march dari Ponpes Bumi Sholawat Lebo ke GOR Gelora Delta tempat berlangsungnya Istigotsah Kubro, itu pun masih ditambah murobi murobiyah 200 orang, Guru 150 orang dan walisantri, serta masyarakat umum yang jumlahnya ribuan.
Gus Ali juga menyediakan door prize untuk dua orang yang beruntung diberangkatkan umroh ke Makkah dan satu orang yang beruntung akan mendapat satu unit sepeda motor. (ary/pwnujatim.com)
Advertisement

Advertisement