Senin, 03 April 2017

Tahukah anda? KH Said Aqil Siradj adalah Keturunan Sunan Kudus

Oleh Mc. Mifrohul Hana Chamami
MusliModerat.net - Dr KH Said Aqil Siradj yang merupakan Ketua PBNU menempel darah dari Sayyid Ja'far Shodiq (Sunan Kudus dan Mbah Mutamakkin (Pati)), kenapa demikian???

Sebelum Dr KH Said Aqil Siradj menjabat sebagai Ketua PBNU, terlebih dulu sudah beredar informasi dari keluarga Kudus kalau beliau memang ada garis keturunan orang Kudus. Ayahanda beliau yang bernama Kiai Aqil dan kakeknya bernama Kiai Sirodj mempersunting seorang perempuan yang bernama Nyai Fatimah. Dari jalur ibundanya itulah teralir darah Kudus. Raden Ayu Fatimah atau ibu dari Dr KH Said Aqil Siradj merupakan putri dari pasangan Kiai Anwar Indramayu dengan Nyai Fadhilah. Nyai Fadhilah adalah putra dari KH. Ahmad Sholeh bin KHR. Asnawi Sepuh Kudus.

KHR. Asnawi Sepuh adalah seorang ulama yang tersohor di daerah Kudus Jawa Tengah. Istri KHR. Asnawi Sepuh mempunyai istri bernama Raden Nganten Salamah. Dari buah pernikahan ini, beliau di karuniai 6 orang anak (2 anak Perempuan dan 4 anak laki-laki). Jika di runtutkan nasab dari KHR. Asnawi Sepuh sampai seterusnya sampai kepada Mbah Mutamakkin Kajen Pati, sedangkan jika di runtutkan nasab dari Raden Nganten Salamah sampai kepada Sayyid Ja'far Shodiq (Sunan Kudus).

Bisa di ambil kesimpulan, bahwa Ketua PBNU "Dr KH Said Aqil Siradj" adalah keturunan dari Sayyid Ja'far Shodiq (Sunan Kudus) dan Mbah Mutamakkin (Kajen Pati).[kbaswaja]
Advertisement

Advertisement