GP Ansor: Berdirinya NKRI Telah Sesuai dengan Syariat Islam

MusliModerat.net - Sekretaris Jendral Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor Abdul Rochman menegaskan bahwa Indonesia adalah merupakan Negara yang majemuk dengan mayoritas beragama Islam terbesar di dunia. Kerukunan dan kedamaian dalam kebhinekaan dapat terwujud di Indonesia yang jumlah ummat muslimnya 11 kali lipat dari Saudi Arabia yang hanya berjumlah 22 juta orang.

Kerukunan dan kedamaian antar ummat beragama yang dapat terangkai dengan baik ini merupakan keberkahan yang luar biasa bagi umat muslim di Indonesia. Hal ini disampaikannya saat menjadi Pembicara pada Dialog Kebangsaan yang merupakan rangkaian kegiatan Harlah GP Ansor ke 83 dan Pelantikan Masa Khidmat 2017-2021 di Kampus IAIM NU Metro Lampung, Kamis (27/4).

Menurutnya hal ini tidak terwujud apabila para Ulama terdahulu tidak ikut berjuang dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar Pancasila dengan tujuan proklamasi kemerdekaan yang ditetapkan dalam UUD 45.

"Bukan hanya pada saat menjelang tahun 45, tetapi dalam sejarah 4 Wali dari Aceh pada tahun 1876 (70 tahun sebelum kemerdekaan) telah mewasiatkan bahwa akan lahir suatu bangsa yang bernama Al-Jumhuri Al-Indonesia (Kerajaan Indonesia), hal ini menggambarkan bahwa Indonesia akan tegak sebagai sebuah Republik, bukan daulah ataupun khilafah" tegasnya.

Terwujudnya NKRI harus dibayar dengan harga mahal di atas tetesan darah kader-kader bangsa ulama terdahulu kita. Yang salah satunya diabadikan dengan hari santri 22 Oktober yang merupakan awal Resolusi Jihad.

Merujuk pada kondisi dan sejarah ini, Ketua PW Ansor Khidir Ibrahim yang hadir pada acara tersebut menegaskan bahwa Ansor dan Banser harus menjadi barisan terdepan dalam mengibarkan panji-panji dan bendera Gerakan Pemuda Ansor di seluruh penjuru tanah air dalam membela dan menyangga Nahdlatul Ulama.

Oleh karenanya Ia mengajak anggota Ansor dan Banser untuk mengambil kepeloporan dan kepemimpinan yang ada di masyarakat. 

"Kita lahir sebagai pendiri Republik, kita harus tegas dan jelas dalam mengambil sikap bahwa Negara kita telah sesuai dengan syariat," tegasnya pada aacara yang mengangkat tema Meneguhkan Tekad Menjaga Keutuhan NKRI. (Muhammad Faizin/Fathoni/NU Online)


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: