Amankan Istighotsah, Ribuan Polisi, Pasukan Inti Pagar Nusa dan Banser Diterjunkan

;
MusliModerat.net -  Tidak kurang satu juta nahdiliyin dari berbagai kota di Jawa Timur akan membanjiri GOR Gelora Delta Sidoarjo untuk mengikuti Istighotsah Kubro, Ahad (9/4). Berbagai kendaraan dari mulai motor hingga roda empat bahkan bus dipastikan akan memadati sekitar lokasi.
Karenanya, agar kegiatan berjalan lancar, pihak kepolisian Sidoarjo dikerahkan melakukan pengamanan dan penganturan lalu lintas. Jumlah polisi yang ditugaskan dari Polresta Sidoarjo sebanyak 1.894 personel polisi, ditambah Brimob Polda Jatim dengan didukung tentara dari Kodim Sidoarjo, serta dibantu Ansor dan Banser, Juga Satpol PP dan personel Dishub Pemkab Sidoarjo.
Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol M Anwar Nasir SIK mengatakan bahwa pada Ahad (9/4) mendatang di Sidoarjo semua kegiatan difokuskan untuk suksesnya acara Istighotsah Kubro tersebut. “Kegiatan lain seperti car free day, pada hari itu diliburkan,” tuturnya, Selasa (4/4).
Untuk pengamanan, jelas Kapolresta acara akan dibagi dalam empat zona. Zona pertama yang merupakan ring 1 adalah panggung utama tempat berlangsungnya acara, lalu shuttel band ke dalam, dan sekitar lapangan hijau.
Zona dua atau ring 2 adalah tribun sektor 1 sampai dengan 10, lalu pintu sektor ,yaitu pintu 1 hingga 16 dan pintu masuk gate 1 hingga 4. Untuk zona 3 atau ring 3 adalah parkir vvip/vip, parkir depan gedung basket, parkir lapangan tenis, parkir timur, parkir depan kolam renang, parkir selatan GOR, jalur sekitaran GOR, sekitaran GOR (mobaile). Zona 4 atau ring 4 parkiran luar stadion GOR, rute jalur menuju GOR, parkir luar stadion GOR.
“Kami semua aparat kepolisian di Resort Kota Sidoarjo, telah siap mengamankan pelaksanaan sekaligus mensukseskan acara Istighotsah Kubro tersebut,” tuturnya.
Pagar Nusa juga Ikut Mengamankan
Selain dari pihak keamanan yakni kepolisian dan tentara, sejumlah elemen turut berpartisipasi mengamankan Istighotsah Kubro yang akan berlangsung Ahad (9/4), termasuk Pagar Nusa.
Tidak kurang 300 pasukan terlatih yang akan ikut mengawal kegiatan yang akan dilaksanakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo tersebut. Mereka tersebar di ke dalam, luar stadion serta di jalan raya.
“Kita ikut mengamankan acara istighotsah, agar para warga nadliyin yang mengikuti kegiatan tersebut dapat merasa aman dan nyaman selama kegiatan berlangsung,” kata Yuqi al-Kajari, Rabu (5/4). Tak hanya itu, menurut koordinator pasukan inti Pagar Nusa Sidoarjo tersebut, pengamanan juga sebagai upaya membantu para aparat kepolisian dalam menjamin dan mengatur kelancaran kegiatan, lanjutnya.
“Kita memohon kepada Allah, agar Nusantara tetap aman, tentram dan damai di bawah 4 pilarnya, yaitu NKRI yang berideologi pancasila, diatur oleh UUD 1945 dan disatukan dengan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Yuqi.
Saat ini, kata Yuqi, NKRI dalam keadaan darurat, bahkan bisa dikatakan sekarat. Karena pada saat kondisi NKRI seperti ini, telah banyak disusupi paham-paham radikal ekstrimis, baik dari haluan kanan dan kiri yang telah menjamur di Indonesia. Meski begitu, selama masih ada jawara Pagar Nusa, maka tak ada satu pun kekuatan yang bisa menghancurkan NU dan NKRI.
“Bagi kami, NKRI adalah harga mati. Pancasila sebagai dasar negara adalah satu-satunya pedoman kita bernegara. Itu tidak akan bisa digantikan oleh paham-paham lain. Dan kami juga menunjukan bahwa NU mempunyai banyak sekali garda terdepan dalam mempertahankan NKRI. Selain dari GP Ansor, Banser, NU juga mempunyai pasukan yang tak kalah mematikan yaitu pencak silat NU Pagar Nusa bersama pasukan intinya,” tegasnya. [hm]


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: