Senin, 24 April 2017

22 Ormas Maluku Utara Tolak HTI dan Khilafah di Indonesia

MusliModerat.net - Organisasi masyarakat (ormas) kepemudaan, keagamaan dan Lembaga Sosial Masyarakat di Maluku Utara (Malut) menyampaikan pernyataan sikap menolak keberadaan organisasi yang bertujuan mengganti dasar negara Pancasila menjadi khilafah. Pernyataan sikap tersebut dikemukakan pada pada konferesi pers di Meeting Room Florida, Ternate, Maluku Utara, Rabu, 19 April lalu.

Pernyataan sikap tersebut adalah sebagai berikut: pertama, menolak seluruh aktivitas dan ideologi HTI tentang khilafah di NKRI terutama di Maluku Utara karena berakibat pada perpecahan anak bangsa.

Kedua, menolak semua kegiatan dan propaganda HTI tentang khilafah di NKRI, terutama di Malut apalagi dengan maksud merubah Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

Selanjutnya, mendesak kepada instansi terkait, dalam hal ini pihak Kepolisian, Kejaksaan, Kesbangpol dan sebagainya, untuk membubarkan HTI, karena tidak sesuai dengan kultur dan budaya Indonesia sekaligus mengancam keutuhan NKRI.

Mereka juga mendesak kepada aparat yang berwenang untuk menindak secara tegas organisasi atau perseorangan yang menyebarkan ideologi yang mengarah pada gerakan anti-NKRI, dan meminta kepada pengikut HTI untuk kembali pada ajaran Islam Ahlusunnah wal-Jama’ah (Aswaja) dalam bingkai NKRI.

Salah seorang tokoh pemuda Ternate Rahdi Anwar menyampaikan, pada dasarnya ia dan warga Maluku Utara tidak menolak secara agama, tapi menolak karena kelompok tersebut berupaya mengantikan Pancasila sebagai dasar negara ini.

Pancasila, menurutnya, adalah rumusan para pendiri bangsa, maka sudah menjadi tugas dan kewajiban pemuda di seluruh tanah air untuk tetap menjaga dan mempertahankannya dari gangguan ideologi lain. 

Peryataan sikap tersebut ditandatangani 22 perwakilan Ormas di Malut yang hadir dalam deklarasi penolakan HTI yakni,

1. Drs. H. Harun  Ginoni,M.Ag (MUI Malut)
1. Dr. Adnan Mahmud (Ketua PCNU Kota Ternate)
2. Suratin Ibrahim  (Ketua MUI Kota Ternate)
3. Din senen  (Ketua Parmusi Malut)
4. Rizal Ambarak  (Ketua FKPPI Kota Ternate)
5. Hi. M. Kasim Haya (Ketua KBPP Polri)
6. Rahdi Anwar  (Ketua PC Ansor Kota Ternate)
7. Helon Sauban (GMKI Cabang Ternate)
8. Risno wahid  (KNPI Kota Ternate)
9. Iwan marwan (GMNI Cab. Ternate)
10. Maswa (PC Fatayat NU)  
11. Ismail Maulut  (Ketua HMI Cab. Ternate)
12. Rusdi S Tawari (KAHMI) 
13. Silfan Jaguna (IMM Cab. Ternate)
14. Amirudin Ais (Pemuda Muhamadiyah Malut)
15. Muhlis Abas (GPI) 
16. H Nurhadi (LDII Malut)
17. PC PMII Cabang Ternate
18. Garot Baisya
19. Garuda KPP-RI Malut
20. Cengke Malut
21. Santrani Abusama (Pemuda Pancasila Malut)

(Abdulharis Doa/Abdullah Alawi)
Advertisement

Advertisement