Jumat, 10 Maret 2017

Ridwan Kamil: Gus Dur Inspirator Saya

MusliModerat.net - KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) jadi salah satu tokoh inspirator bagi Walikota Bandung Ridwan Kamil. Sebagai Pemimpin, Gus Dur berhasil menyajikan Islam sebagai agama yang ramah dan memperjuangkan hak-hak kemanusiaan yang banyak mengilhami dirinya serta banyak orang.

Hal ini disampaikan Ridwan Kamil, menjawab pertanyaan santri Pondok Pesantren Tebuireng Jombang  perihal siapa tokoh yang menginspirasi Walikota muda ini sehingga menjadi pemimpin dan banyak dikenal orang.

"Selain ibu saya, banyak tokoh- tokoh besar dunia yang menjadi inspirator saya, antara lain Nabi Muhammad SAW, Soekarno, Mahatma Gandhi, dan juga Gus Dur," paparnya, Rabu (8/3).

Pada kunjungannya ke Pesantren Tebuireng Jombang kali ini Ridwan Kamil memberikan motivasi tentang nilai-nilai kepemimpinan di hadapan ratusan santri. Paparan konsep pemerintahan Kota Bandung. Mulai pengelolaan tata kota hingga kisah pribadi dan keluarganya yang disajikan dengan teknologi digital kepada santri.

"Intinya, saya ingin menyemangati mereka (santri- santri) soal kepemimpinan, agar santri menjadi paham kondisi, karena mereka adalah calon pemimpin masa depan," tambah pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Keberhasilan dan kendala dalam  memimpin Kota Bandung dipaparkan secara gamblang oleh Ridwan Kamil selama hampir dua jam kepada ratusan santri Tebuireng. Temasuk perubahan signifikan Kota Bandung setelah ia melakukan perubahan-perubahan kebijakan dan reformasi birokrasi. 

Usai menerima cinderamata dari Pesantren Tebuireng, Ridwan Kamil juga melakukan tabur bunga di atas pusara pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim, serta pusara Presiden ke-4 Republik Indonesia, Almarhum KH Abdurrahman Wahid. (Muslim Abdurrahman/Fathoni/NU Online)
Advertisement

Advertisement