KH Hasyim Muzadi Wafat, Kiai Said: Beliau Tokoh Dunia yang Peduli Hal-Hal Kecil



Saat jenazah KH Hasyim Muzadi dishalatkan
MusliModerat.net - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta agar Pengurus Wilayah dan Cabang serta warga NU agar melaksanakan salat ghaib dan tahlil untuk KH Hasyim Muzadi.

Instruksi PBNU ditandatangani oleh Rois Aam PBNU, Dr. KH Ma'ruf Amin dan Ketua Umum PBNU, Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, MA.


Surat instruksi PBNU 
"Kita doakan Kiai Hasyim Muzadi semoga khusnul khotimah," kata Kiai Said Aqil Siroj di Jakarta, Kamis (16/03/2017)

Menurut Kiai Said Aqil, sosok KH Hasyim Muzadi bukan hanya milik NU, namun milik bangsa Indonesia, bahkan dunia. Kiai Hasyim telah berkiprah di tingkat nasional dan internasional.

"Pergaulan Kiai Hasyim sangat luas. Ulama dari berbagai negara banyak yang mengenal beliau karena diplomasinya membawa misi NU," terang Kiai Said Aqil.

Selain Gus Dur, nama besar ulama Indonesia yang sepak terjangnya diakui oleh dunia internasional adalah sosok profil KH. Hasyim Muzadi. Sama dengan Gus Dur, KH. Hasyim Muzadi juga adalah seorang Ketua Umum PBNU yang mendunia.

Pemikiran-pemikiran cerdas dari KH. Hasyim Muzadi ini begiu brilian dan sangat relevan dengan perkembangan Islam kekinian. Selalu banyak yang menantikan ulasan dan pendapat beliau terkait masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat maupun negara, terutama mengenai radikalisme.

Cara pandang KH. Hasyim Muzadi yang selalu bisa menenangkan adalah kelebihan beliau dalam menghadapi persoalan bangsa. Dalam perjalanan karirnya, KH. Hasyim Muzadi tidak bisa dilepaskan dari Nahdlatul Ulama.

KH. Hasyim Muzadi semenjak masih muda sudah berkecimpung di ke NU an, dan ini kelihatannya sudah mendarah daging. Keilmuan beliau mengani Islam tentu kita sepakat bahwa beliau adalah Ulama besar yang sangat mumpuni di berbagai bidang ilmu agama.

Di Indonesia, sosok profil KH. Hasyim Muzadi ini dikenal sebagai seorang Ulama yang dikenal selalu membawa nafas nasionalis dan pluralis. Sama seperti pendahulunya, Gus Dur, KH. Hasyim Muzadi selalu membawa nafas nasionalisme anti radikalisme dan selalu menjaga kerukunan antar umat beragama melalu nafas pluralisme.

Perjuangan KH. Hasyim Muzadi untuk Nahdlatul Ulama dan Indonesia tentu kita semua sudah mengetahuinya, terutama dalam menjaga NKRI dari ancaman radikalisme.


Meskipun KH Hasyim Muzadi sudah menjadi tokoh dunia, menurut Kiai Said Aqil, beliau masih peduli dan memperhatikan hal-hal kecil di sekitarnya. Kepekaannya tinggi terhadap kemanusiaan.

"Beliau hadir di akad nikah putri saya, beliau pun pernah berbisik pada saya: Jangan sekarang, nanti saja kita bertemu," kata Kiai Said Aqil menirukan ucapan Kiai Hasyim.

Kiai Said mengatakan tahlil selama tujuh hari untuk Kiai Hasyim Muzadi juga agar digelar di mesjid al-Nahdlah, Gedung PBNU. [dutaislam.com/ anw/ksf].


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: