Sabtu, 01 April 2017

Aksi Demo 313 Dipimpin Amien Rais dan Pesertanya Sepi

MusliModerat.net - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkoolhukam) Wiranto merasa senang karena minat warga pada Aksi 313 yang digelar Jumat (31/3) tak besar. Buktinya, massa Aksi 313 jauh dibandingkan Aksi 212 pada Desember tahun lalu.

Wiranto mengatakan, dirinya awalnya mengira massa Akai 313 akan membeludak seperti Aksi 212. Faktanya, massa Aksi 313 yang diinisiasi Forum Umat Islam (FUI) memang jauh lebih sedikit.

"Memberikan apresiasi terima kasih kepada masyarakat bahwa tidak tertarik untuk melakukan suatu aksi yang membuang waktu, dan membuat keadaan menjadi kacau dan tidak tenteram," ujar Wiranto di kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) itu menambahkan, ketimbang melakukan aksi yang membuang tenaga dan waktu, massa yang tergabung dalam ormas Islam sebaiknya berdialog dengan pemerintah. Apalagi, Islam juga mengedepankan musyawarah.

"Permasalahan bisa diselesaikan dengan cara dialog. Di Islam pun ada namanya suatu pendekatan dialog," katanya.

Karenanya, Wiranto pun mewanti-wanti masyarakat tak perlu lagi menggelar aksi hanya untuk mengejek dan menghina. "Jadi enggak usah ke lapangan kemudian saling mengejek dan saling menista, ini kan tidak bagus," tambahnya.

Dipimpin Amien Rais

Mantan Ketua PAN Amien Rais menjadi pemimpin Aksi 313 pasca ditangkapnya sekjen FUI M. Alkhatthah oleh pihak Kepolisian
Aksi 313 terkait dengan desakan massa aksi tersebut untuk pencopotan Ahok dari jabatannya.
Massa ummat islam tetap melanjutkan aksi walaupun Sekjen FUI Muhammad Al Khaththath ditangkap terkait dugaan makar.
Aksi dipimpin di bawah Amien Rais, selanjutnya di bawah 15 ulama, massa aksi 313 menyalurkan aspirasinya.
Orator aksi menyatakan bahwa pihak yang menjadi penista agama akan berhadapan dengan umat Islam(Baca FPI).
Dia juga menyatakan polisi sampai sekarang justru tak memenjarakan Ahok, terkait dengan dugaan penistaan agama.ia mengatakan pihaknya tak melakukan aksi makar karena tak ingin menggulingkan pemerintah.[mm]
Advertisement

Advertisement