Kamis, 23 Februari 2017

Yamaha-Honda Dinyatakan Bersalah, Matic Seharusnya Rp 8 Juta Dijual Rp14 Juta Hingga Rp18 Juta

MusliModerat.net - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM) dinyatakan bersalah oleh Majelis Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU-RI) dalam sidang putusan kartel. Raksasa otomotif tersebut divonis bersekongkol dalam penetapan harga jual motor skuter matik 110cc-125cc.
“Semua yang telah ditetapkan oleh majelis dalam persidangan karena adanya bukti-bukti. Apapun yang diputuskan itu tanpa adanya intervensi dari siapapun termasuk saya selaku Ketua KPPU,” ujar Ketua KPPU RI Muh Syarkawi Rauf di Makassar seperti dikutip Antara, Senin (20/2).
Putusan majelis menyatakan, terlapor satu (YIMM) dan terlapor dua (AHM) terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
Seperti dilansir Antara, menurut KPPU, idealnya harga jual skuter matik adalah Rp8,7 juta, namun mereka melepasnya dengan harga Rp14 hingga 18 juta, dan dinilai sangat menguntungkan perusahaan.
Advertisement

Advertisement