[Kyai Cholil Bangkalan] Wirid "Qooma Zaidun" Ampuh Untuk tangkap Pencuri

[Kyai Cholil Bangkalan] Wirid "Qooma Zaidun" Ampuh Untuk tangkap Pencuri
MusliModerat.net - Tanpa disengaja, aku membuka biografi KH. Muzakki Syah, seorang ulama dari Jember pengamal Manaqib Syeikh Abdul Qadir Jaelani. Dalam autobiografinya, aku menemukan sebuah cerita yang menarik tentang Kyai Cholil Bangkalan, yang digelari kyainya Kyai itu.
Kira-kira begini ceritanya..

Kyai Cholil sedang mengaji Kitab Jurumiyah dengan para santrinya. Di tengah pembahasan, beberapa petani datang dan minta petuah. Pengajian terhenti.
"Maaf kami mengganggu Kyai," kata seorang petani penuh hormat, mewakili yang lain.
"Ada apa? Kalian seperti sedang ada masalah." tanya Kyai Cholil.
"Besok kami akan memanen timun. Tapi biasanya, malam hari sebelum timun itu kami panen, selalu saja ada pencuri yang mengambilnya. Kami berkali-kali tak mendapatkan apa-apa. Kedatangan kami ke rumah Kyai, agar sudi memberi sebuah wirid supaya para pencuri itu tertangkap."
Sambil senyum Kyai Cholil berkata, "Karena saya sedang mengaji Jurumiyah, dan baru sampai pada bagian 'Kooma Zaidun', maka wiridkanlah kalimat itu."
Tanpa banyak tanya, para Petani pulang dengan dada bahagia. Tanpa tau arti kata, dengan bekal sugesti mereka pada keshalehan Kyai Cholil, semua petani mewiridkan 'Kooma Zaidun' berulang-ulang setelah shalat.
Esok harinya, para petani mendapati beberapa pencuri sedang berdiri tanpa bisa gerak di kebun timun mereka. Semuanya ditangkap, dan dibawa ke balai desa.

Bukankah arti 'Qooma Zaidun' adalah 'Telah Berdiri Zaid'? Tapi bagaimana bisa kalimat sederhana itu, yang seolah tak bermakna apa-apa, bisa menjadi sebuah mantra yang menghasilkan keajaiban?
Ah, kapan aku bisa seperti Mbah Kholil dalam menelusupkan ruh pada kata. Sebab telah kuteriakkan ribuan takbir, sudah kugumamkan berjuta tahlil dan dzikir, tapi jangankan berakibat menangkal kejahatan orang lain, untuk memperbaiki diriku sendiri saja tak mempan.

Dinukil dari Sanghyang Mughni Pancaniti


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: