[Habib Ahmad Hasan Alattas] Tips Agar Umur Panjang

MusliModerat.net - Al-Quthb al-Habib Ahmad bin Hasan al-Attas dalam kitab Tadzkirun Nas memberikan tips agar umur kita panjang.
🔸 نكاح الأبكار
🔸 وشم الطيب وقت الأسحار
🔸 والغسل بالماء الحار
🔸 وكثرة الإستغفار
Empat hal dapat memanjangkan umur:
1. Menikahi perawan (abkar).
2. Mencium wewangian di waktu sahur.
3. Mandi dengan air hangat (al-har).
4. Banyak membaca istighfar.
Syarah IBJ:
Seyogyanya, salah satu dari empat hal di atas bisa diamalkan, untuk bisa mendapatkan faedah (bonus) usia yang panjang. Dan tidaklah bisa dijalankan sekaligus terkecuali lelaki yang masih bujang.
Karena, ada rahasia tersendiri dari maratib (urutan) 4 hal di atas. Kenapa perawan didahulukan dari yang lainnya, dst. Hal itu karena menyangkut waktu tertentu:
1. Menikahi perawan, teks asli "abkar" yang artinya perawan-perawan. Meski ada potensi beberapa kali menikahi perawan-perawan, tapi toh tidak akan mampu diamalkan dalam tempo yang singkat-singkat. Idealnya satu perawan untuk selamanya, maksimalnya empat.
2. Waktu sahur hanya datang sekali dalam seharinya, yang ideal di sepertiga malam.
3. Mandi umunya dilakukan tiga kali sehari. Atau setidaknya disamakan dengan sahur, sekali dalam sehari.
4. Istighfar adalah yang esensial, karena sekelas Nabi Saw. yang dijamin kema'shumannya saja minimal 70 kali dalam sehari. Dan dengan istighfar pula yang dapat menyeimbangkan sekaligus menyetir nafsu beristri lagi dengan menyiakan istri pertamanya, berwangi-wangian berlebihan, dan mandi yang mubadzir seperti mandinya bujang.

Kama Status Syaroni As-Samfuriy


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: