Rabu, 15 Februari 2017

Din Syamsuddin: HTI Golput ya Silahkan, Tapi Jangan Ajak-ajak yang Lain

MusliModerat.net - Ancaman ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang akan golput pada pilkada serentak mendapat respon dari Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Din Syamsuddin. Menurutnya, Golput adalah hal dan pilihan. Akan tetapi, kata Din, tidak boleh mengajak-ajak yang lain.
“Ya silakan, itu hak. Tapi, jangan mengajak-ajak masyarakat yang lain,” kata Din saat ditanya soal sikap golput dari ormas, di Jakarta, Selasa, (8/12) petang.
Menurut Din, tidak ada larangan dan sanksi, terutama jika dilakukan secara individu. Berbeda halnya jika golput itu menjadi gerakan dan mengajak masyarakat luas. “Tapi kalau berupaya mengajak-ajak, itu sudah urusan lain. Itu hak tapi jangan ajak orang lain,” ujarnya.
Pria kelahiran Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, 31 Agustus 1958 itu juga menegaskan persoalan Golput hanya akan merugikan diri sendiri karena pasti di ujung Pilkada itu ada yang terpilih.
Maka dari itu, politisi 57 tahun tersebut mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara demokratis. Tokoh agama juga banyak yang sepakat untuk antigolput. (wp)
Advertisement

Advertisement