Amien Rais Sebut Bachtiar Nasir Sebagai Ulama yang Haq, yang Lain tidak

;
MusliModerat.net - Sejumlah kalangan menyesalkan ucapan Amien Rais dalam pidatonya saat Aksi Bela Islam 112 di Masjid Istiqlal kemarin. Lewat pernyataannya, Amien justru dianggap berpotensi memecah belah umat.

"Saya menyesalkan Pak Amien yang mengatakan bahwa ulama yang benar (ulama Ul Haq) adalah ulama yang ikut aksi bela Islam, seperti habib Rizieq dan Bachtiar Natsir. Selebihnya ada ulama Syak (peragu). Ucapan ini bernada provokatif dan memecah belah umat. Meskipun saya yakin sedikit yang mendengarkan ucapan Pak Amien Rais ini," sesal Aktivis Muda Nahdlatul Ulama (NU) Addin Jauharudin kepada redaksi, Sabtu (11/2).

Mestinya, lanjut Addin, tokoh sekaliber Amies Rais dapat menjadi negarawan yang baik. Jangan malah mengecilkan diri dengan ucapannya yang tidak etis. 

"Pak Amien Rais kelihatan sekali seperti sudah memegang kunci surga. Sehingga bisa tahu mana orang yang dekat dan akan masuk surga," sindir mantan ketua umum Pengurus Besar Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) tersebut.

Diingatkan Addin, di luar massa aksi bela Islam, ada jutaan umat Islam yang sedang berjihad dengan jalannya masing-masing. Ada yang sedang mengasuh pesantren, melakukan pemberdayaan masyarakat, ada pula yang sedang memimpin dengan jujur dan amanah, bahkan tokoh-tokoh MUI, NU dan Muhammadiyah tidak mendukung aksi 112. 

"Meskipun kita semua paham, bahwa Pak Amien Rais kapasitasnya bukan sebagai tokoh agama melainkan sebagai politisi yang sedang mengomentari permainan politik lawan," sebutnya.

Seperti diketahui, politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang ikut dalam aksi damai 112 di Masjid Istiqlal dalam ceramahnya bicara soal perjuangan yang tidak mudah. Amien menyinggung soal kehadirannya dalam aksi. Dia mengatakan bahwa ulama-ulama yang hadir di acara itu, seperti Bachtiar Nasir dan Habib Rizieq adalah ulama yang benar.

"Ulama Ul Haq itu adalah seperti di sini ini. Habib, kiai, ustadz Bachtiar Nasir dan kiai-kiai yang lain. (Ulama) yang di sini ini, mengapa saya ikut, karena memang tidak pernah ragu-ragu dengan kebenaran," kata Amien, padahal Mayoritas Ulama tidak setuju dengan aksi politik yang dibungkus agama tersebut. 

Politisi yang dikenal sebagai penjegal Gus Dur ini juga menyebut soal adanya ulama syak atau yang ragu-ragu. 

"Ulama Syak itu yang seringkali sudah betul fatwanya kemudian ditarik lagi, yang sudah jelas jadi mendung lagi. Itu tidak usah kita kritik, biarkanlah. Silahkan Anda mengambil posisi Anda, kami mengambil posisi kami," ujar Amien. [wah]


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: