Sabtu, 18 Februari 2017

Ainun Najib, Santri yang juga Pakar IT yang Dituduh NgeHack Situs KPU Oleh Cyber Kremi

MusliModerat.net - Saya kenal baik dengan Mas Ainun Najib. Beliau adalah otak di balik layar dari situs-situs jos seperti "Kawal Pemilu" dan "Kawal APBD", yang manfaatnya jauh lebih besar daripada yang Anda duga.
Mas Ainun dikenal di Singapura sebagai pakar, ilmuwan data (data scientist), dan termasuk anggota tim Indonesia dalam Olimpiade Matematika Asia Pasifik semasa SMA.
Tapi saya masih mengenal beliau sebagai santri. Santri yang tidak pernah saya dapati kepalanya terbuka, atau rambutnya tidak ditutupi peci.

Menutup kepala, kalau merujuk kitab Bughyatul Mustarsyidin, adalah syarat seseorang untuk disebut adil dan layak menjadi saksi .
Kalau bukan santri, sekadar menutup kepala (dan konsisten lho ya, apalagi kalau ke pasar) itu sulitnya minta ampun. Kiai-kiai muda yang saya kenal, dan kerap saya temui, sudah mulai meninggalkan tradisi seperti ini. Jadi ketika melihat santri yang masih kerap berpeci, saya itu takjubnya minta ampun.
Menutup kepala itu sebenarnya sepele. Orang yang konsisten untuk menjaga perkara (sunnah) yang sepele, lha bagaimana dengan wajibnya? Jelas lebih menjaga, lah!
Orang sebaik ini kok bisa-bisanya kena fitnah.
Na'udzubillah.

Advertisement

Advertisement