Walau Menghina Ulama NU, Kami tidak ikut Melaporkan Habib Rizieq


MusliModerat.net - Berbagai elemen organisasi masyarakat ramai-ramai melaporkan Imam Besar Front Pembela Islam, Muhammad Rizieq Shihab terkait pernyataan yang diduga memuat adanya unsur tindak pidana. Berikut ini rangkuman laporan masyarakat dengan terlapor Habib Rizieq ke kepolisian.
1. Habib Rizeq dilaporkan ke Polda Jawa Barat, oleh organisasi masyarakat Angkatan Muda Siliwangi (AMS) soal penghinaan salam Sunda.
Dalam sebuah ceramah di Purwakarta pada 13 November 2015 lalu, Habib Rizeq memplesetkan salam Sunda "Sampurasun" menjadi "Campuracun".
"Nama Habib Rizeq sebagai terlapo sudah masuk ke Reskrim Polda Jabar, dalam waktu dekat kita akan lakukan pemanggilan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Sulistyo Pudjo (saat itu).
2. Habib Rizeq dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal Polri oleh Sukmawati terkait isi ceramahnya di Bandung, Jawa Barat, yang dianggap menghina Pancasila dan Sukarno.
"Penghinaannya bahwa Pancasila Ketuhanan ditaruh di pantat, sedangkan Piagam Jakarta ada di Kepala," kata Sukmawati, Putri Bapak Proklamator Bangsa Indonesia, Sukarno.
Gambar dari Google
Kini, Bareskrim Polri sudah melimpahkan perkara itu ke Polda Jawa Barat untuk ditindaklanjuti, karena tempat kejadiannya ada di Bandung, Jawa Barat.
Habib Rizieq dilaporkan dengan tuduhan melakukan tindak pidana terhadap lambang negara dan dasar negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 154a KUHP dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 57a jo Pasal 68 Undang-undang no.24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara serta lagu kebangsaan.
3. Habib Rizeq dilaporkan oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia (PMKRI) ke Polda Metro Jaya, Senin, 26 Desember 2016. Rizieq dalam ceramahnya di Jakarta diduga melakukan penistaan agama Krtistiani dengan sangkaan Pasal 156 a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).
"Kita melihat video di twitter atau instagram, di mana menurut kami orasi Rizeq Shihab telah melecehkan umat Kristiani. Kami laporkan saudara Rizieq Shihab atas dugaan penistaan agama," kata Presidium PP PMKRI, Angelo Wake Kako.
4. Habib Rizieq juga dilaporkan oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) ke Polda Metro Jaya, Minggu, 8 Januari 2017.
Habib Rizieq dilaporkan karena dalam ceramahnya yang sudah menyebutkan kalau uang kertas baru yang diterbitkan Bank Indonesia berlogo palu arit yang merupakan lambang Partai Komunis Indonesia (PKI).
"Habib Rizieq dalam isi ceramahnya yang beredar luas tersebut bahkan secara terang-terangan merangkai cerita adanya logo PKI dalam uang terbaru dengan menuding sebagai kesalahan pemerintah padahal sikap pemerintah terhadap PKI sudah jelas, PKI merupakan partai terlarang," ujar Koordinator JIMAF, M Hendriyan Saksono.
Selain beberapa kasus diatas sebenarnya banyak lagi penghinaan yang diucapkan oleh Sang Imam Besar itu, seperti mengatakan predisen Guoblok, Menteri Agama sesat bahkan beliau juga menghina Ulama NU (Baca Disini) dengan mengatakan Gus Dur itu Buta Mata dan Buta Hati, juga hinaan beliau kepada ketum PBNU pada laman faceboknya dengan tulisan "Said Aqil Siradj itu Makhluk Fasis dan Rasis", Naudzubillah min dzalik semoga kita sebagai umat Muslim terjaga lisan kita dari ucapan yang kotor, AAmiin.
Namun sebagai Warga NU yang santun dan ta'dzim kepada keturunan Rasulullah, kami tidak ikut-ikutan melaporkan Habib Rizieq ke ranah Hukum, karena biar bagaimanapun dalam diri beliau mengalir darah Rasulullah, Sebagai Warga NU kami tetap ta'dzim kepada beliau, tapi tidak setuju dengan ucapan dan akhlaknya.[HM/MusliModerat]


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: