Minggu, 29 Januari 2017

Mbah Hasyim Asy'ari Dituduh Antek Jepang, karena Tidak (terlihat) Bela Islam

MusliModerat.net - Namanya NU itu pasti mencontoh ulama dalam bertindak, terutama Mbah Hasyim. Kalau ngakunya NUnya Mbah Hasyim tapi tidak ikut tindak lampah Mbah Hasyim berarti perlu ditapuki mulutnya karena berbohong pakai nama Mbah Hasyim
Salah satu contoh bisa kita lihat bagaimana beliau dlm menanggapi penyerangan Jepang ke Pesantren Sukamanah milik Kyai Zainal Musthafa di sekitar tahun 1943-44. Mbah Hasyim tidak bertindak gegabah, berhati-hati, tidak berapi-api, tidak sembarangan berbicara.

Dalam pandangan beliau, kasus tersebut adalah tanggung jawab pemerintah. Sehingga beliau tidak gegabah menggerakkan massa NO, namun menuntut pemerintah, dalam hal ini departemen agama, berperan aktif mendamaikan situasi. Oleh sebab itu, Mbah Hasyim dituduh sekongkolan sama Jepang.
Nah, menghadapi Jepang saja Mbah Hasyim hati2, apalagi yang dihadapi sesama orang Indonesia. Jadi, warga NU dan non NU gak usah kaget kalo NU kelihatan nyantai saja. Warga NU jg gak usah baper sama pemerintah deh juga tidak usah memperbesar perbedaan. Apa enaknya sih cari musuh?
Sementara yg ngaku NU tapi suka baper masalah politik itu gak usah digubris, biarin sendiri dengan kebaperannya. Nanti juga bosan sendiri.
Apalagi pakai nama NU untuk membenci pihak tertentu, tentu itu lancang namanya. Mbok kiro NU e mbahmu tah?

[Fahmi Ali N H]

Advertisement

Advertisement