KH Said Aqil Siradj: Untuk Menjadi Moderat Haruslah Cerdas

;
MusliModerat.net - Diantara yang disampaikan Ketua Umum PBNU Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj di Cikarang Bekasi tadi siang adalah, untuk bersikap moderat (tengah-tengah) itu membutuhkan kecerdasan. Moderat itu tidak ekstrim kanan (radikal), tidak ekstrim kiri (liberal).
Moderat dalam syarit tergambarkan dalam diri Imam asy-Syafi'i, seorang tabi'in yang mujtahid mutlak. Imam asy-Syafi'i bersikap moderat dalam bersyariat Islam. Bahwa al-Quran saja tidak cukup, masih membutuhkan hadits Nabi Saw. untuk menggali di dalamnya. Al-Quran dan al-Hadits saja belum cukup, masih membutuhkan peran akal ulama yang ahli di dalam bidangnya yang disebut sebagai ijtihad. Ijtihad (pendapat) ulama secara kolektif disebut Ijma', sedangkan jika ijtihadnya sendiri-sendiri disebut Qiyas.
Maka kemoderatan dalam bersyariat Islam atau berfiqih ala Nahdlatul Ulama ada 4 pilar (landasan); Al-Quran, al-Hadits, Ijma' dan Qiyas. Yang masing-masing dari 4 pilar itu perinciannya sangat luas, sehingga dipastikan harus cerdas untuk bisa memahaminya.


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: