Jauh Berbeda Antara Quraish Shihab dan Rizieq Shihab

Jauh Berbeda Antara Quraish Shihab dan Rizieq Shihab
MusliModerat.net - Rasanya tak ada umat Islam Indonesia yang tak mengenal dua Shihab ini. Pertama, Muhammad Rizieq Shihab. Kedua, Muhammad Quraish Shihab.
Antarkeduanya ada persamaan2, di samping banyak juga perbedaan2nya. Di antara persamaannya; dua2nya sama2 beretnis Arab. Sama-sama Shihab juga sehingga dua2nya dianggap sebagai keturunan Nabi SAW. Dua2nya pernah dituduh syiah. Bedanya, Shihab pertama pernah dituduh syiah lalu selesai. Sementara Shihab kedua pernah dituduh syiah lalu berlanjut hingga sekarang.

Bedanya, Shihab pertama "suka", sekurangnya tak melarang orang lain menyebut dirinya "Habib". Sementara, Shihab kedua "enggan" bahkan cenderung melarang orang lain memanggil dirinya sebagai "Habib". Karena itu Shihab pertama populer dengan sebutan "Habib Rizieq". Sementara Shihab kedua tersohor dengan panggilan "Pak Quraish".

Dalam mendakwahkan Islam, jika Shihab pertama mengambil jalur "konfrontasi" dan menyerang, maka Shihab kedua menempuh cara dialog dan cenderung toleran. Sekiranya Shihab pertama suka teriak2 seperti Islam sedang berada dalam ancaman perang, maka Shihab kedua tampak kalem seperti hendak menunjukkan bahwa Islam selalu dalam kedamaian.

Shihab pertama tak banyak menulis buku. Sementara Shihab kedua menulis puluhan buku. Karyanya yang spektakuler tentu saja Tafsir al Misbah yang berjilid-jilid itu. Karena itu, jika Shihab pertama lebih banyak di lapangan, maka Shihab kedua lebih banyak di perpustakaan.
Dua Shihab ini memiliki massa pengikut dengan gaya dan tampilan seperti gaya dan tampilan dua Shihab itu. Kini, murid dan pengikut keduanya menyebar di mana-mana.

KH Abdul Moqsith Ghazali


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: