Jumat, 23 Desember 2016

PW GP Ansor Jateng Kerahkan 35.000 Banser Amankan Indonesia

PW GP Ansor Jateng Kerahkan 35.000 Banser Amankan Indonesia
Ilustrasi
MusliModerat.net – Sebanyak 35.000 anggota Barisan Serba Guna (Banser) se Jateng akan dikerahkan untuk ikut membantu aparat keamanan pada liburan Natal dan Tahun Baru di berbagai wilayah di provinsi ini.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jateng Ikhwanuddin mengatakan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah siap mengerahkan 35.000 personel Banser untuk membantu aparat dalam pengamanan liburan Natal dan Tahun Baru.

Personel Banser sebanyak itu, lanjutnya, tersebar di 35 Kabupaten dan Kota di Jateng yang dikoordinasi oleh masing-masing Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Pimpinan Cabang (PC)  GP Ansor Jateng.

“Sesuai instruksi Ketua Umum PP GP Ansor KH Yaqut Cholil Qoumas atau yang dikenal Gus Tutut Banser harus turut serta menjaga kondusifitas keamanan, dengan catatan jika diminta oleh pihak kepolisian setempat,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat. (23/12)

Menurutnya, dengan mengerahkan personel Banser sebanyak itu, setelah di setiap Kabupaten dan Kota telah diminta oleh pihak kepolisian untuk ikut membantu mengamankan sesama warga negara yang akan menjalankan ibadah.

Dia mengimbau pada seluruh personel Banser, agar dalam menjaga keamanan, untuk dapat berkoordinasi dengan aparat Polri dan TNI. Jangan bertindak dengan individu tanpa adanya komando.

“Kami mimta pada para Banser di lapangan, semua langkah yang dilakukan harus melalui komando pimpinan masing-masing, dan harus berkoordinasi dengan aparat,” tuturnya.

Selain itu, dia menambahkan ikut membantu aparat menjaga dalam keamanan lingkungan tempat ibadah, juga diimbau untuk tetap menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing, terutama di lingkungan yang warganya juga sedang merayakan Hari Raya.

Ikhwan mengimbau pada masyarakat untuk selalu menjaga toleransi antar umat beragama. Di tengah masyarakat bisa saling menghargai satu sama lain, agar tercipta suasana yang tenteram dan saling mengasihi.

“Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, memberikan kasih sayang pada alam raya. Banser NU harus bisa mewujudkan itu,” ujarnya. (HN/RS)
Advertisement

Advertisement