Presiden Jokowi: Kalau Gus Dur Masih Ada, Pasti Kita Dibilang Kayak Anak TK

Presiden Jokowi: Kalau Gus Dur Masih Ada, Pasti Kita Dibilang Kayak Anak TK
MusliModerat.net - Presiden Jokowi mengenang Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Jokowi berandai-andai apabila Gus Dur masih hidup, pastilah kondisi sosial-politik nasional saat ini tak akan luput dari kritikan Gus Dur yang penuh makna.

"Kalau Almarhum Gus Dur masih ada, ada yang memberitahu kita (bahwa) kita ini masih kayak anak TK," kata Jokowi di acara haul ke-7 Gus Dur di Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2016).

Ujaran "kayak anak TK" itu memang pernah dilontarkan Gus Dur saat masih hidup. Dulu, kritikan itu ditujukan untuk parlemen yang gaduh oleh polah para politisi. Kini, bisa jadi Gus Dur bakal melontarkan kritikan yang sama ke Indonesia.

"Pasti digitukan oleh Gus Dur," kata dia.

Jokowi menilai kondisi Indonesia saat ini diwarnai hasutan, hujatan, dan hal-hal yang tidak perlu. Dia mempersilakan para hadirin di haul ke-7 Gus Dur ini untuk berintrospeksi. Boleh mengkritik namun kritik itu haruslah tulus sebagai upaya demi perbaikan.

"Mana yang menjelek-jelekkan, mana yang kritik mana yang menghasut, mana yang kritik mana yang menghujat, mana yang kritik mana yang makar. Nggak bisa membedakan kita sekarang ini. Benar nggak? Benar nggak?" tutur Jokowi disambut teriakan serempak para hadirin.

"Benar!" kata para hadirin.

(detik.com)


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: