Sabtu, 31 Desember 2016

Lihat Kontainer Bertuliskan "Indochina", Netizen Alay: Indonesia Sudah Dikuasai China


MusliModerat.net - Ini namanya framing. Yang posting itu mungkin tahu, mungkin juga tidak. Tapi postingan ini sengaja memperkeruh sesuatu yang tidak jelas. Tujuannya supaya orang2 yang tidak tahu dan tidak suka mencari tahu tambah keblangsak.

Dengan bekal tulisan potongan gambar kontainer, yang entah adanyanya dimana, dia mau memframing bahwa Indochina itu adalah Indonesia dan China. Untuk menguatkan issue-issue bahwa ada 10 juta warga China masuk ke Indonesia. Seolah-olah Indonesia sudah jadi milik China sehingga namanya di gabung jadi Indochina. Lalu followernya ramai2 koment, dengan keterkejutan penuh amarah dalam ketidaktahuan. Bingung toh?. Ada yang memuji2, ada yang memaki pemerintah, ada yang istigfar penuh amarah, dan seterusnya.
Buat pemosting, makin banyak yang terprovokasi makin bagus. Tidak peduli hal-hal lainnya, termasuk perbuatan apakah itu benar atau tidak menurut hukum agama, hukum negara atau sekedar hukum etika.

Untuk meluruskan ini, silahkan googling, bahwa sebutan Indochina itu dulu maupun sekarang adalah merujuk kepada Laos, Vietnam dan Cambodia. Tidak ada sama sekali kaitannya dengan Indonesia. Silahkan googling. Dan tidak perlu tanya sama google apa agamanya, sebab google bersedia menjawab pertanyaan dari penganut agama manapun.
Di sekolah di Indonesia juga diajarkan. Kecuali kalau dia sekolahnya disemak-semak seperti ibu kemaren yang tidak tahu siapa itu MH. Thamrin, TB. Simatupang, Ir. Juanda dll.
Jadi usia tua itu belum tentu jadi dewasa. Pendidikan tinggi belum tentu jadi bijaksana. Sudah banyak contohnya. Maka di era smartphone ini, cobalah untuk mengimbangi dengan smartthink dan smartaction.
Ingat ya, Indonesia punya UU ITE. Dan kita tidak tahu siapa dan kapan akan kena, maka selalu berhati-hatilah menggerakkan jarimu.
Advertisement

Advertisement