Inilah Makna "Habib" yang Dikatakan Prof Quraish Syihab kepada Cucu Gus Mus

;
Inilah Makna "Habib" yang Dikatakan Prof Quraish Syihab kepada Cucu Gus Mus
MusliModerat.net - Tentang makna habib, ada cerita menarik yang ditulis di akun Facebook salah satu putra KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Wahyu Salvana, ketik Prof. Dr. KH Quraish Syihab sowan ke ndalem beliau pada Sabtu (23/12/2016).


Gus Wahyu menceritakan dialog Om Quraish (panggilan akrab Gus Mus ke Quraish Syihab untuk keluarganya), dengan cucu bernama Ektada Bilhadi Muhammad atau Billy, putra kedua Ning Ienas Tsuroiya, putri Gus Mus.

Spontan, Habib Quraish menjelaskan tentang makna habib kepada Billy, "habib atau kekasih itu adalah; 'yang mengasihi' dan 'yang dikasihi'. Jadi, Anda semua bisa jadi habib, asal bisa mengasihi dan dikasihi. Nah, kalau sekarang, sudah jarang yang mau mengasihi, maunya dikasihi. Kalau yang demikian ya bukan habib namanya!" jelasnya.

Berikut status lengkap Wahyu Salvana yang ditulis pada Ahad (25/12/2016) sore, dikutip Dutaislam.com langsung di akunnya, yang beralamat di https://www.facebook.com/wahyu.salvana.

--------------
Abah Ahmad Mustofa Bisri mempersilahkan Habib Quraish Shihab duduk di kursi yang telah kami siapkan. Ada tiga buah kursi, dan satu meja.

"Maaf, saya tidak biasa dan tidak punya kursi. Jadi saya pinjam tetangga, biar Om Quraish betah dan nyaman di sini!"

(Ketika sama-sama tinggal di Mesir dulu, Abah memanggilnya Om Quraish).


Kami yang mendengarnya pun tertawa, termasuk Habib Quraish. Setelah beliau duduk, Abah langsung 'ndeprok' di sebelah kiri beliau. Habib Quraish lalu mempersilahkan Abah duduk di kursi di sebelah kirinya. Selama duduk bersebelahan, Abah pun terus memegang tangan beliau. Sungguh, pemandangan dan pelajaran yang luarbiasa dari orang yang luarbiasa.


Seisi rumah, bergantian bersalaman, tanpa terkecuali. Tentunya mengharap doa sekaligus berkah dari seorang 'hamilul Quran' yang sungguh 'alim ini.


"Ini, saya bawa isteri, anak, menantu, cucu, dan beberapa santri. Itu cucu saya yang baru pulang dari Amerika, dia masih kuliah di sana!"


Sambil menunjuk ke arah cucunya yang kuliah di daerah Walawala, di salahsatu negara bagian Amerika Serikat.


"Keempat cucuku, memanggilku habib. Baru, cucu yang ke lima, memanggilku kakek"


Mendengar itu, tiba-tiba Abah menunjuk ke arah Billy (Ektada Bilhadi Muhammad), anak keduanya mba Ienas Tsuroiya.


"Bil, kamu tahu nggak, apa artinya Habib?"


Billy yang -memang- pemalu, hanya tersenyum.


"Habib itu artinya kekasih!". Abah langsung memberi jawaban.


Habib Quraish Shihab lantas menambahi, "Ya, kekasih. Habib atau kekasih itu adalah; 'yang mengasihi' dan 'yang dikasihi'. Jadi, Anda semua bisa jadi habib, asal bisa mengasihi dan dikasihi. Nah, kalau sekarang, sudah jarang yang mau mengasihi, maunya dikasihi. Kalau yang demikian ya bukan habib namanya!"

--------------------

Demikian penjelasan tentang makna habib atau arti habib yang dikatakan penulis tafsir Al-Qur'an 15 jilid berjudul "Al-Mishbah", yang juga seorang habib (keturunan Rasulullah). Bagaimana menurut Anda? [dutaislam.com/ ab]


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: