Selasa, 01 November 2016

PBNU Imbau Demo Bermartabat dan Segera Proses Hukum Ahok

PBNU Imbau Demo Bermartabat dan Segera Proses Hukum Ahok
MusliModerat.net - Presiden RI Joko Widodo mengadakan pertemudan dengan para ulama dari unsuru Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah. Pada kesempatan itu umaro (pemerintah) dan ulama sepakat menjaga soliditas untuk mengawal dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari rongrongan luar dan dari dalam. 

Menurut Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj yang hadir pada kesempatan tersebut Selasa pagi (1/11) di Istana Merdeka, Jakarta, juga membahas domontrasi yang akan berlangsung 4 November.

“Wabilkhusus menghadapi demontrasi lusa yang konon pada tanggal 4 Novmber akan terjadi demontrasi besar-besaran,” katanya ketika dikonfirmasi di gedung PBNU, Jakarta.  

Menurut dia, demonstrasi yang akan digelar tersebut adalah hak setiap warga negara dalam sistem demokrasi. “Tapi demontrasi yang beretika, tidak anarkis, tidak merusak; demontrasi yang bermartabat, itu indikasi masyarakat yang sudah maju dan dewasa,” jelasnya.  

Ia menambahkan, PBNU sepakat untuk segera memproses hukum yang dilakukan calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jika ada penistan agama dilakukannya. 

“Segera ada proses hukum supaya jelas. Kalau ada diproses kan berangkat dari nol, saksi diundang, fakta-fakta dikumpulkan. Nanti penyidik akan menyimpulkan ada tidak  penistaan agama, kalau ada seperti apa sanksinya, kalau tidak ada bagaimana, jangan dibiarkan tergantung seperti ini. Nanti  tidak akan habis-habis, demo, protes,” tegasnya. (Abdullah Alawi/NU Online)
Advertisement

Advertisement