Adab Muslim Keseharian yang Penting, tapi Jarang Diketahui

Adab Muslim Keseharian yang Penting, tapi Jarang Diketahui
MusliModerat.Com | Berikut adalah beberapa adab-adab penting tapi jarang diketahui khalayak umum ummat Islam:

1. Berpenampilan Modis
Di zaman yang semakin modern ini, fashion menjadi hal yang sangat digemari banyak orang. Hal ini tidak lepas dari budaya yang sedikit bergeser dengan menganggap penampilan luar bisa menjadi penarik utama simpati. Sehingga tak jarang kini banyak ustadz berpenampilan modis demi menarik simpati agar ilmunya dapat tersampaikan. Apakah hal demikian dapat dibenarkan. Jawabannya, dapat dibenarkan bahkan hukumnya sunnah. (Lihat Ihya Ulumiddin juz 1 hlm. 137 dan Nasyrathay at-Ta'rif hlm. 122). (Buku terbaru karya Santri Tamatan Lirboyo 2016 berjudul "Akhlake Kang", hlm. 32)

2. Makan Diselingi Minum
Banyak orang memiliki kebiasaan minum di tengah-tengah makan. Setiap dua atau tiga kali suapan, ia langsung minum sedikit air. Hal ini dilakukan agar bisa menelan lebih cepat. Apakah kebiasaan ini baik? Jawabannya, tidak baik kecuali karena tersedak. (Lihat Ihya Ulumiddin juz 2 hlm. 5). (Ibid, hlm. 45)

3. Makan Buah untuk Cuci Mulut
Makan buah-buahan selesai makan, merupakan kebiasaan yang lumrah dilakukan oleh banyak orang. Karena beranggapan buah sebagai hidangan penutup atau cuci mulut sangat cocok untuk menghilangkan bau dan rasa amis di mulut. Bagaimana yang baik? Jawabannya, yang baik adalah makan buah-buahan dulu sebagai makanan pembuka karena dapat mempercepat proses pencernaan makanan. (Lihat al-Adab asy-Syar'iyyah juz 3 hlm. 197, Ihya Ulumiddin juz 2 hlm. 16 dan Syarh an-Nawawi 'ala Muslim juz 3 hlm. 213). (Ibid, hlm. 53)

4. Cara Memakai Akik yang Paling Utama
Demam batu akik, umumnya dipakai di jari manis tangan kiri meskipun ada yang tangan kanan. Sebenarnya bagaimana cara memakai cincin yang utama? Jawabannya, memakainya pada jari kelingking tangan kanan dengan posisi batu akik berada pada bagian dalam jari-jari tangan. (Lihat Hasyiyah al-Bujairami juz 5 hlm. 211). (Ibid, hlm. 58)

5. Menepuk Pundak Orang Shalat
Ketika seseorang hendak bermakmum pada orang yang sedang shalat sendirian, biasanya sebelum melakukan takbiratul ihram ia menepuk pundak orang tersebut seakan memberi isyarat bahwa ia mau bermakmum padanya. Benarkah kebiasaan demikian? Jawabannya, benar bahkan dianjurkan supaya orang tersebut berniat menjadi imam sehingga memperoleh fadhilah jamaah. (Lihat Syams al-Munirah bab al-Jama'ah). (Ibid, hlm. 88)

6. Khatib dan Imam Jum'at Beda Orang
Dalam pelaksanaan shalat Jum'at biasanya petugas khatib dan imam Jum'at adalah satu orang. Tapi banyak pula kita jumpai petugas khatib dan imam Jum'at beda orang. Bagaimana yang baik? Jawabannya, khatib dan imam Jum'at beda orang hukumnya makruh. (Lihat 'Umdat al-Muftiy wa al-Mustaftiy juz 1 hlm. 202). (Ibid, hlm. 130)
_______________________

MMN


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: