Ustadz Idrus Ramli: Mustahil, Sekarang Tiada yang Layak Jadi Khalifah

Ustadz Idrus Ramli: Mustahil, Sekarang Tiada yang Layak Jadi Khalifah
MusliModerat.Com | Pimpinan Aswaja NU Center Jawa Timur Ustadz H Idrus Ramli menegaskan, propaganda HTI untuk menegakkan khilafah tergolong tidak masuk akal. Ini mengingat saat ini mustahil ada yang layak jadi khalifah.

"Syarat menjadi khalifah antara lain mesti saleh dan mujtahid. Sementara yang memenuhi syarat itu, kata para ulama, hanya lima orang," terang Ustadz Idrus saat mengisi lokakarya Aswaja yang digelar pengurus MWCNU Kadur, Kabupaten Pamekasan di Balai Desa Sokalela, Kadur, Kabupaten Pamekasan, Sabtu (20/8).

Ia menyebut Sayyidina Abu Bakar, Sayyidina Umar bin Khattab, Sayyidina Usman bin Affan, Sayyidina Ali bin Abi Thalib, dan Umar bin Abdul Aziz sebagai orang yang memenuhi syarat sebagai seorang khalifah.

Setelah mereka, pemerintahan negara Islam hanya dipimpin oleh raja, bukan mereka yang betul memenuhi syarat sebagai khalifah.

"Bicara khilafah sudah bukan zamannya. Yang perlu kita lakukan saat ini ialah mengisi kemerdekaan negara ini sebaik-baiknya. Bukan mau mengganti negara yang sudah diperjuangkan para pahlawan dengan baju khilafah," tukasnya. (Hairul Anam/Alhafiz K/NU Online)


Kontak Kami !

Kritik, Saran, Informasi, Pemasangan Iklan atau Kirim artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email muslimoderat@gmail.com

Dapatkan Berita Terbaru MusliModerat via Email: