Kamis, 15 September 2016

Amerika Serikat Janji Beri Bantuan Militer $38 Milyar Untuk Israel

Amerika Serikat Janji Beri Bantuan Militer $38 Milyar Untuk Israel

obamanetanyWashington, muslimoderat.com — Amerika Serikat dan Israel telah menandatangani perjanjian militer, di mana Washington akan memberi bantuan militer sebanyak $38 milyar dalam 10 tahun ke depan untuk rezim Israel. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh seorang diplomat senior AS dan penasihat keamanan nasional Israel.
“Sejak negara Israel pertama kali berdiri, Amerika Serikat telah menjadi teman dan partner terbaik Israel,” demikian pernyataan Obama terkait penandatanganan tersebut.
Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dikabarkan merasa kesal dengan pernyataan AS tentang solusi ‘dua negara’ dalam konflik kependudukan yang tak pernah selesai.
“AS mempunyai komitmen yang  sama dengan Israel dalam hal kemanan jangka panjang, jadi kami menekankan solusi ‘dua negara’ untuk konflik Israel-Palestina yang tak berkesudahan,” kata Obama.
“Seperti yang sudah saya tekankah sebelumnya, satu-satunya cara Israel untuk bertahan dan berkembang sebagai bangsa Yahudi dan negara demokratik adalah melalui realisasi sebuah negara Palestina yang independen,” lanjutnya.
Berdasarkan perjanjian, rezim Israel akan menerima $3.3 milyar pertahun dari 2019 sampai 2028, ditambah dengan $500,000 pertahun untuk membiayai perlengkapan senjata. Jumlah uang yang luar biasa tersebut membuat media Israel menyebutnya sebagai perjanjian yang ‘historis’. (ra.presstv)
Advertisement

Advertisement