Rabu, 31 Agustus 2016

Nonaktif Dulu dari Pengurus NU Bagi Calon dan Tim Sukses Pilkada

Nonaktif Dulu dari Pengurus NU Bagi Calon dan Tim Sukses Pilkada
MusliModerat.Com - Sekretaris Jenderal PBNU H. Helmy Faishal Zaini mengimbau jika ada pengurus struktural di PCNU, PWNU atau PBNU untuk mengajukan surat nonaktif terlebih dulu ketika mencalonkan diri menjadi gubernur atau wakil gubernur, buppati atau wakil bupati. Hal yang sama berlaku juga bagi pengurus NU yang terlibat dalam tim sukses calon.  

Hal itu, menurut Helmy, sebagai upaya NU untuk menghindari conflict of interest bagi warga NU yang memiliki hak pillih. “Nonaktif dulu agar tidak terjadi conflict interest di warga NU,” katanya selepas rapat perdana peringatan Hari Santri Nasional di gedung PBNU, Jakarta, Rabu (31/8).

Menurut dia, NU tidak melarang warga dan pengurusnya untuk berkiprah di politik, tapi NU memiliki aturan main yang harus ditaati pengurusnya. Nonaktif sebagai salah satu cara untuk memfasilitasinya. 

Hal itu, sambungnya, diberlakukan karena warga NU pasti tidak berada dalam satu calon. Nonaktif terlebih dahulu supaya tidak terjadi konflik kepentingan di antara sesama warga NU. (Abdullah Alawi/NU Online)
Advertisement

Advertisement